Selasa, 11 September 2007

Forget-Me-Not


Mungkin, bunga jenis ini tidak begitu terkenal di Indonesia. Forget Me Not kebanyakan tumbuh di negara-negara barat, dan berasal dari New Zealand. Tidak bisa tumbuh di Indonesia karena bunga kecil ini tidak bisa menerima terlalu banyak sinar matahari.
Forget-Me-Nots adalah jenis bunga yang masih termasuk family boraginaceae (atau lebih mudahnya suku semak-semakan). Bunga indah ini sangat kecil dan berwarna biru. Forget-Me-Not juga adalah bunga lambang negara alaska.

Waktu pertama kali mendengar nama bunga ini, rasanya aneh "Forget Me Not" sepertinya bukan ama sejenis bunga, tapi ternyata dibalik nama itu ada kisahnya. Menurut dongeng yang sempat aku baca, bunga ini dulu bukan bernama forget me not. Sewaktu Tuhan sedang memberikan nama pada tiap-tiap bunga yang ada, Tuhan juga memberikan sebuah nama pada bunga kecil ini. Tapi kemudian bunga kecil ini lupa akan nama yang diberikan Tuhan padanya. Bunga kecil ini merasa sangat takut, maka sambil gemetar bunga kecil ini menghampiri Tuhan.
Dengan takut-takut bunga ini berkata," Eh, Tuhanku yang terkasih...nama yang Tuhan berikan padaku itu...ah, aku melupakannya.."
Kemudian Tuhan memandang bunga kecil yang gemetaran ini sambil tersenyum ramah, kemudian Tuhan berkata," Forget Me Not" (Tapi, jangan lupakan Aku)

Begitulah awal mula nama bunga ini, meskipun hanya sebuah dongeng namun aku merasa dongeng seperti ini sangat indah :)
Jadi setiap kali kita melihat bunga kecil ini, kita akan selalu ingat perkataan Tuhan yang terkasih," Forget Me Not".

2 komentar:

SariE mengatakan...

Dongeng yang begitu indah. Bolehkah saya 'ceritakan' kembali ke orang lain?

Tha..^^ mengatakan...

Silahkan :)